Imhotep Dokter Pertama Di Dunia - SHADOW NETWORK BLOGGER

Header Ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday, August 19, 2017

Imhotep Dokter Pertama Di Dunia


Tercatat, dokter pertama di dunia yang pernah hidup adalah Imhotep asal Mesir, yang hidup sekitar tahun 2600 SM. Berikut adalah kisah hidupnya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.
Imhotep lahir di Ankhtowe, pinggiran Memphis pada hari kedelapan Ephiphi, bulan ketiga panen Mesir. Meskipun tahun kelahirannya yang tepat tidak diketahui, namun tanggalnya diperkirakan sekitar 31 Mei dari kalender modern. Ada juga yang berpendapat bahwa ia lahir sekitar pada tahun 3000 SM. Namun, penulis klasik lainnya mengemukakan bahwa ia berasal dari desa Gebelein, selatan kuno Thebes.
Patung wajah Imhotep (Pinterest)
Patung wajah Imhotep (Pinterest)
Ayahnya adalah Kanofer, seorang arsitek terkenal, yang kemudian dikenal sebagai orang yang pertama kali ahli dalam bangunan yang berkontribusi terhadap karya Mesir melalui pemerintahan Raja Darius I. Kanofer juga berperan sebagai guru Imhotep yang mengajarkan arsitektur, namun setelah beberapa waktu ia dikalahkan oleh anaknya. Ibunya, Khreduonkh, dikenal saat ini karena telah didewakan bersama anaknya. Imhotep lahir sebagai rakyat biasa, dan ia naik melalui pangkat yang cepat berkat kejeniusannya, bakat alaminya dan dedikasinya.
Imhotep memperoleh pengetahuan tentang tubuh manusia dengan menyempurnakan mumifikasi pada saat sebelum memasukkan jenazah ke dalam lubang tanah di padang pasir kering. Sebelumnya, meskipun tubuh sudah diawetkan melalui proses pengeringan, proses ini tetap tidak sempurna. Dari situ, Imhotep lalu menyempurnakannya dengan menghilangkan organ-organ internal selama mumifikasi tubuh. Dengan cara ini dia dapat mengetahui posisi organ internal dalam tubuh manusia, meskipun dia tidak mengetahui fungsinya secara tepat. Dengan ini, mumifikasi telah mengalami pengembangan dalam ilmu pengobatannya. Hal lain yang dia lakukan untuk meningkatkan proses mumifikasi, menyegel tubuh dari udara terbuka dan menutupinya dengan kain lenan (kain kafan). Dengan cara ini tubuh jadi bisa diawetkan lebih baik dibandingkan sebelumnya.
Karya tulis terbaik Imhotep adalah Papirus Edwin Smith, yang berisikan tentang penjelasan lebih dari 90 istilah anatomi dan 48 cedera yang dialami manusia. Dia mengekstrak ramuan dari tumbuh-tumbuhan dan mengobati beberapa penyakit seperti masalah usus buntu dan penyakit tulang. Karena kepiawaiannya dalam mengobati, Imhotep disebut sebagai perantara manusia dan dewa, bahkan dijadikan dewa setelah Imhotep meninggal.
Papirus Edwin Smith (Wikipedia)
Papirus Edwin Smith (Wikipedia)
Selain menjadi dokter pertama di dunia, Imhotep juga dikenal sebagai arsitek yang handal. Imhotep adalah otak dibalik desain bangunan bersejarah paling populer di Mesir, â??the Step Pyramidâ? atau piramid berundak di Saqqara, yang merupakan tempat pemakaman rajanya, Firaun Djoser.
Piramida Berundak yang dibangun Imhotep di Saqqara (Messagetoeagle)
Piramida Berundak yang dibangun Imhotep di Saqqara (Messagetoeagle)
Masa hidup Imhotep bisa dibilang cukup lama. Dia hidup di bawah pemerintahan 4 raja Mesir, yaitu Raja Djzoser (2668-2649 SM), Raja Sekhemkhet (2649-2643 SM), Raja Khaba (2643-2637 SM) dan Raja Huni (2637-2613 SM). Imhotep diperkirakan meninggal pada masa pemerintahan Raja Huni, raja yang terakhir dari dinasti ke-3. Lokasi makam Imhotep hingga kini belum diketahui. Para ahli sejarah Mesir telah mencoba mencari namun hingga saat ini belum ditemukan. Banyak yang percaya bahwa makamnya berada di Saqqara

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot