- SHADOW NETWORK BLOGGER

Header Ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday, August 19, 2017



Virus komputer, makhluk maya yang satu ini selalu menjadi momok bagi banyak pengguna komputer. Virus komputer memiliki banyak macam, seperti misalnya trojan, worm, spyware, malware, rootkit, backdoor, rogue, dan lain-lain. Tapi tahukah kamu tentang virus komputer yang pertama kali eksis? Berikut sekilas mengenai virus pertama dan penciptanya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.
Penemu virus komputer pertama kali ternyata berasal dari pemuda yang menggunakan komputer Apple. Waktu itu Apple adalah sebuah perusahaan satu-satunya pembuat komputer yang telah eksis di dunia IT. Mereka telah menjual komputer jenis Apple II sebelum tahun 1983 dan saat itu pula virus komputer pertama kali ditemukan. Virus pertama diketahui juga dibuat oleh seorang pemuda 15 tahun bernama Rich Skrenta.
Rich Skrenta (Nytimes)
Rich Skrenta (Nytimes)
Rich Skrenta, yang pada tahun 1982 masih berusia sekitar 15 tahun yang duduk di bangku SMA Mt. Lebanon High School, Pennsylvania, Amerika Serikat, mencoba membuat sebuah virus komputer pertama di dunia yang menyerang perangkat komputer Apple II.
Pada saat itu, Rich memang tergolong anak yang bandel. Kebandelan dirinya itu dilihat dari tingkah laku Rich yang secara ilegal membagi-bagikan game dan software yang saat itu harganya sangat mahal. Karena alasan bandel tersebut, Rich Skrenta sempat dijauhi oleh para temannya.
Terkadang kelakuan si bandel Rich sering mematikan komputer milik temannya dengan bantuan floppy disk atau menampilkan kalimat yang mengejek di monitor komputer milik teman-temannya.
Sampai akhirnya dengan bekal kebandelan atau keisengan dirinya, Rich mencoba membuat sebuah program yang disebut dengan virus. Akhirnya ia berhasil membuat sebuah program (atau virus) yang diberi nama Elk Cloner. Pada dasarnya virus tersebut akan menyebar dari komputer satu ke komputer lainnya melalui floppy disk orang-orang dan akan menampikan sebuah puisi yang dibuat sendiri oleh Skrenta. Hal itu ia lakukan agar ia tidak selalu disalahkan.
Skrenta membutuhkan waktu selama 2 minggu untuk menulis kode tersebut dalam bahasa Assembly. Elk Cloner sendiri merupakan virus â??boot sectorâ? yang menyebar ketika disk yang belum terinfeksi digunakan pada komputer yang terinfeksi dan akhirnya digunakan pada komputer lain yang belum terinfeksi.
Dan ternyata hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, Rich telah berhasil membuat heboh sekolah dengan virus komputer pertama yang ia buat. Pada saat itu masih belum ada Antivirus yang dapat memudahkan kita untuk menghapus program virus tersebut dari komputer, maka sibuklah semua menghapus satu-persatu file-file yang telah terinfeksi virus Elk Cloner.
Ilustrasi Elk Cloner (Kominfo)
Ilustrasi Elk Cloner (Kominfo)
Elk Cloner menyebar dan menginfeksi Sistem Operasi Apple II dengan teknik boot sector virus dan akan otomatis akan mengcopy dirinya sendiri jika secara tak sengaja ikut terbawa ke komputer orang lain. Walau tidak begitu fatal, namun tetap saja membuat pusing.
Jika komputer terinfeksi virus tersebut, maka akan tampil puisi seperti berikut :
Elk Cloner: The program with a personality
It will get on all your disks
It will infiltrate your chips
Yes itâ??s Cloner!
It will stick to you like glue
It will modify RAM too
Send in the Cloner!
Meski dulu dianggap bandel dan suka mencari masalah, namun siapa sangka kalau Rich kini telah sukses dan memiliki jabatan. Tak tanggung-tanggung, dia kini adalah Founder & CEO dari Blekko, yang merupakan sebuah search engine internet

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot